Menu

Hadapi Pilgub, KPU Kota Siapkan 249 Tenaga Coklit

  Dibaca : 80 kali
Hadapi Pilgub, KPU Kota Siapkan 249 Tenaga Coklit
Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono

Memontum Blitar — Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menyiapkan 249 tenaga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilgub. Tugas PPDP ini secara personal melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data ke rumah warga yang akan turun langsung ke pemilih. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono.

Lebih lanjut Setyo Budono menjelaskan, PPDP ini bekerja mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang. Mereka akan terjun langsung ke rumah-rumah warga untuk mencocokan data pemilih. Data pemilih yang dicocokkan tersebut, merupakan hasil sinkronisasi data dari KPU Pusat melalui KPU Provinsi Jawa Timur. Saat ini data pemilih tersebut sudah berada di KPU Kota Blitar.

“Sekarang data pemilih hasil sinkronisasi tersebut sudah diserahkan ke KPU Kota Blitar. Selanjutnya akan segera disampaikan kepada petugas pemungutan suara (PPS) di masing-masing keluraan”, jelas Setyo Budiono, Jumat (5/1/2018).

Selanjutnya, setelah PPS melakukan pengecekan, data pemilih hasil sinkronisasi tersebut
akan diseahkan ke Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk dicocokkan langsung di lapangan.

“Proses pencocokan dan penelitian coklit data pemilih ini, kurang lebih selama satu satu bulan”, tandas Setyo Budiono.

Setyo Budiono menambahkan, setelah pencocokan dan penelitian data pemilih selesai, data kongkrit hasil coklit akan diberikan lagi kepada PPS. Kemudian PPS akan menyusun hasil pencocokan dan penelitian data pemilih tersebut menjadi Data Pemilih Sementara (DPS). Selanjutnya, hasil penyusunan DPS akan diverifikasi PPK sebelum diserahkan ke KPU Kota Blitar.

“Setelah DPS diverifikasi PPK, selanjutnya diserahkan ke KPU Koto Blitar untuk kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nantinya data DPT ini akan disampaikan ke KPU Provinsi dan Pusat”, papar Setyo Budiono.

Diharapkan, proses pemutakhiran data pemilih ini bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Karena, proses selanjutnya sudah harus menyiapkan berbagai sarana pendukung untuk Pilgub yang diperkirakan pada Juni mendatang.

“Kita berharap berbagai tahapan bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, agar persiapan lainnya bisa segera dilakukan”, pungkas Ketua KPU Kota Blitar. (jar/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!