iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

KPU Tetapkan Jumlah Penduduk dan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi di Pileg 2019

  Dibaca : 354 kali
KPU Tetapkan Jumlah Penduduk dan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi di Pileg 2019
Suherman, Divisi Teknis KPU Banyuwangi

Memontum Banyuwangi — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan jumlah penduduk dan jumlah kursi anggota Dprd Kabupaten Banyuwangi pada Pileg tahun 2019 yang akan datang. Rapat pleno tersebut berlangsung dikantor KPU Kabupaten Banyuwangi saat dikonfirmasi, Senin (8/1/2018) siang.

Rapat pleno menetapkan jumlah penduduk Kabupaten Banyuwangi sebanyak 1.696.630 jiwa, tersebar di 25 kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi . Sementara jumlah kursi di DPRD Banyuwangi sebanyak 50 kursi.

Jika dibandingkan Pilkada 2014 terjadi pertambahan penduduk sekitar 66.161 jiwa dari 1.627.469 jiwa. Atas hal tersebut berdasarkan Undang-undang Pemilu No. 7 Tahun 2017 bahwa Kabupaten Kota yang jumlah penduduknya diatas satu juta, jumlah Kursi Anggota DPRD adalah berjumlah 50 Kursi.

“Sesuai dengan data DAK2 dari Mendagri dengan jumlah penduduk kabupaten Banyuwangi 1.696.630 jiwa jadi jumlah kursi DPRD Banyuwangi tetap 50 kursi”, kata Devisi Teknis KPU Banyuwangi, Suherman.

Suherman menambahkan, KPU Kabuapaten Banyuwangi juga akan mengadakan rapat Simulasi penghitungan alokasi kursi dan Dapil di tahun 2019 menurut data DAK2 terbaru. Dalam Simulasi dipandu Komisioner KPU Kabupaten Banyuwangi terdapat 3 contoh simulasi Dapil yang terbagi menjadi 5, 6 dan 7 Dapil (Daerah pemilihan).

Dengan penyebaran kursi 3 – 12 kursi perdapil. Dalam uji publik nantinya mengundang Stakeholder dan pimpinan partai politik. Partai politik akan diberikan kewenangan apakah dapil akan tetap atau akan ada perubahan.

“Jika ada perubahan pimpinan pantai politik harus menyatakan pernyataannya secara tertulis dengan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Penetapan dapil akan ditetapkan pada 20 Maret – 6 April 2018,”tambahnya. (apr/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!