iklan kpu kota malang

PPK Blimbing Paparkan Progres Tahapan Pilkada pada 3 Pilar

  Dibaca : 148 kali
PPK Blimbing Paparkan Progres Tahapan Pilkada pada 3 Pilar
PPK Blimbing Kota Malang (kiri-kanan), Januar Triwahyudi, Sabilah Rosyadi, Nenny Roostrianawaty, M Kasan dan Rio Senjaya, menyimak pemaparan Danramil Blimbing Kapten Sukariyanto. (ist)
Iklan KPU Probolinggo

Memontum Kota Malang — Camat Blimbing Kota Malang, Muarib MSi menggagas koordinasi 3 pilar pada tahapan pemutakhiran data pemilih (mutarlih) Pilkada Jatim dan Kota Malang. Hadir dalam acara ini, jajaran Pemerintah Kecamatan Blimbing hingga Lurah; Kapolsek Blimbing Kompol Slamet, perwira polsek dan Bhabinkamtibmas se kecamatan; Danramil Blimbing AKP Sukariyanto dan jajaran Babinsa se kecamatan.

Pada kesempatan ini, Muarib mengenalkan PPK Blimbing dan jajaran PPS se kecamatan. “Tujuan pertama rakor ini, memang saya bertujuan mengenalkan 3 pilar Kecamatan Blimbing dengan PPK, PPS, Panwascam dan PPL. Ini agar bisa berkoordinasi lebih baik agar Pilkada sukses,” ujar Muarib.

Karena menurut Muarib, 3 pilar ini mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di masing-masing dalam penyelenggaraan pilkada. Namun tujuannya sama yaitu, pilkada sukses dan aman.

Ketua PPK Blimbing, M Kasan saat menjelaskan tahapan Coklit Mutarlih kepada 3 Pilar Blimbing. (yan)

Ketua PPK Blimbing, M Kasan saat menjelaskan tahapan Coklit Mutarlih kepada 3 Pilar Blimbing. (yan)

Pada kesempatan ini, Kompol Slamet menjelaskan jika tupoksi Polri dalam Pilkada adalah menjaga keamanan dan ketertiban. Karena itu, Polsek Blimbing telah melakukan deteksi dini terhadap potensi-potensi kerusuhan. Dan sudah melakukan antisipasi hingga skalanya tidak meluas.

“Jajaran kami dalam pilkada, bertugas sesuai tupoksi yaitu keamanan dan ketertiban,“ ujar Kompol Slamet.

Danramil Blimbing Kapten Sukariyanto, memaparkan pam wil pilkada di wilayahnya. Bahwa seluruh tahapan pilkada mempunyai kerawanan dan potensi konflik. Karena itu jajarannya telah melakukan deteksi dini dan melakukan langkah-langkah peredaman konflik.

“Pam wil kami tekankan pada fungsi Babinsa di masing-masing kelurahan. Langkah awal, kami perkuat fungsi pendekatan kewilayahan oleh Babinsa,” jelas AKP Sukariyanto.

Ketua PPK Blimbing M Kasan menyampaikan saat ini tahapan pilkada memasuki mutarlih, mulai 20 Januari hingga 18 Februari. Mutarlih merupakan proses pelayanan terhadap hak pilih warga negara Indonesia.

“Tapi sayangnya warga kita ini, banyak yang belum tertib administrasi. Mobilitas keluar masuk di kecamatan Blimbing cukup tinggi, tapi tidak segera laporan. Sehingga banyak temuan, datanya ada, tapi orangnya sudah pindah. Begitu sebaliknya,” jelas Kasan.

Untuk menjaga validitas mutarlih, maka Kasan menyampaikan jika PPK Blimbing dan jajaran PPS serta PPDP membuka diri dan sangat berharap masukan informasi dari aparat kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. “Ini tak lepas dari keterbatasan kami sebagai manusia. Maka membuka diri jika bapak-bapak memberikan masukan,“ pungkas Kasan. (yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!