Connect with us

Jombang

Demokrat Jombang Tuntaskan Verifikasi, Keterwakilan Pengurus Perempuan Tak Jadi Soal

Diterbitkan

||

Demokrat Jombang Tuntaskan Verifikasi, Keterwakilan Pengurus Perempuan Tak Jadi Soal

Memontum Jombang — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang melakukan verifikasi faktual (Verfak) ke kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jombang sebagai Partai Politik peserta pemilu 2019. Verifikasi faktual tersebut meliputi kepengurusan partai, domisili kantor hingga soal keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai, Kamis (2/2/2018).

Anggota Komisioner Divisi Hukum KPU Jombang, Athoilah, menjelaskan dalam verfak partai Demokrat semua dokumen partai sudah sesuai data KPU (Sipol–red) hanya jumlah kuota pengurus perempuan yang hadir belum sampai 30%.

Ketua Demokrat Jombang M Syarif Hidayatullah

Ketua Demokrat Jombang M Syarif Hidayatullah

“Semua dokumen sesuai, kepengurusan partai tidak ada masalah. Domisili tidak ada masalah, keterwakilan 30 % pengurus perempuan yang hadir baru 21%./ Tapi yang tidak hadir boleh datang ke kantor KPU, kita beri waktu sampai nanti jam 17.00. Atau nanti melakukan perbaikan di tanggal 6 ,” ujar Athoilah. Namun, jika pengurus perempuan yang dihadirkan partai di bawah 30% itu tidak mempengaruhi status Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Sesuai undang-undang pengurus kabupaten itu tidak wajib memenuhi 30% kuota perempuan hanya memperhatikan saja. Jadi kalaupun pengurus perempuan yang dihadirkan di bawah 30% tidak mempengaruhi status MS dan TMS. Hanya nanti di profil partai dicantumkan pengurus perempuannya dibawah 30%,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD partai Demokrat Jombang M Syarif Hidayatulloh mengatakan, sesuai data pihaknya telah memenuhi keterwakilan 30% perempuan. Hanya saja dalam verikasi faktual mereka tidak dapat hadir karena beberapa kendala.

“Tidak ada kekurangan dalam kepengurusan perempuan. Sebenarnya kita sudah memenuhi, bahkan melebihi 30%. Hanya saja mereka (pengurus perempuan) ada kendala sehingga tidak dapat hadir, dan sore nanti akan kita antar ke KPU,” ungkap Syarif Hidayutlloh. (ham/yan)

Terpopuler