POLITEKNIK NEGERI MALANG

Empat Kunci Utama Menuju Sukses Berusaha

  Dibaca : 20 kali
Empat Kunci Utama Menuju Sukses Berusaha
Eggy Adityawan (berbaju hitam tengah)

*Ketua Bidang HIPMI Kabupaten Kediri Eggy Adityawan Berbagi Kiat

Memontum Kediri—- Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kediri Eggy Adityawan mengatakan, belajarlah melihat sinar terang di balik setiap awan mendung. Setiap tantangan mengandung pelajaran besar. Tantangan ditujukan untuk memperlambat kita, agar kita punya cukup waktu untuk mempelajari berbagai hal yang perlu kita pelajari dalam perjalanan menuju impian kita.
 

Hal itu disampikan Eggy dalam acara sosialisasi Pentingnya Legalitas bagi UMKM di Balai Desa Senden Kecamatan Kayen Kidul yang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) belum lama ini. Dalam sosialisasi tersebut Eggy Adityawan menekankan bahwa kunci sukses dalam berusaha atau berdagang harus terpercaya terlebih dahulu, mempunyai sifat sidiq. Artinya apa yang kita tawarkan harus baik, bermutu dan  berkualitas jangan sampai barang tersebut berubah atau menyusut.

 

 

Kedua harus amanah, yang ketiga harus mempunyai sifat menyampaikan. “Kita harus selalu berdiskusi kalau ada kendala dilapangan bisa dipecahkan bersama dengan yang bersangkutan jangan dengan orang lain dam yang keempat fatonah,” tegasnya.
 

Sifatnya rejeki kata Eggy Adityawan seperti kematian, kita tidak meminta tetapi tetap Allah memneri kita sesuai dengan cara-Nya sendiri. “Sehingga didalam berbisnis jangan sampai melakukan kecurangan, cara-cara yang dilarang dengan Kaidah Agama Islam, jangan sampai uang untuk keluarga ujung-ujungnya malah tidak barokah,” lanjutnya.

 

Ketika ditanya bagaimana caranya mendapat rizki yang barokah, Eggy Adityawan memcontohkan ketika   mendapat pesanan biasakan tepat waktu.” Jangan sampai karena  sibuk dengan kepentingan lainnya pesanan mundur atau mepet, itulah yang menjadi kita tidak dipercaya lagi jadi jaga komitmen dan tepat waktu,” tuturnya.
 

Acara sosialisasi etika berbisnis itu dilanjutkan dengan tanya jawab terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh para UMKM, dengan para narasumber dari DPMPTSP, Kantor Pekerjaan Umum dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan pembahasan terkait dengan masalah perijinan usaha.
Dalam dialog tersebut dengan sabar dan penuh rasa kekeluargaan Kabid Ekonomi kreatif HIPMI Kediri Eggy Adityawan itu menegaskan, disamping harus memiliki ijin usaha dan melegalkan usahanya yang sudah disampaikan oleh DPMPTSP Kabupaten Kediri, agar para pelaku usaha bisa menyelesaikan masalah dan terus bangkit untuk lebih semangat lagi. (aji/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!