Connect with us

Kota Malang

463 Penghuni Lapas Wanita Malang, Terancam Tidak Nyoblos

Diterbitkan

||

463 Penghuni Lapas Wanita Malang, Terancam Tidak Nyoblos

Memontum Kota Malang – Dari jumlah 504 warga binaan dan tahanan penghuni Lapas Wanita Sukun hanya 41 orang yang bisa mengikuti pesta demokrasi dan memiliki hak coblos untuk Pemilihan Walikota Malang dan Gubernur Jatim, pada 27 Juni 2018. Hal itu dikarenakan ada 58 orang bukan warga Jatim dan sisanya tidak bisa menunjukan E KTP sebagai syarat menggunakan hak coblosnya.Sebab salah satu syarat terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) harus memiliki E KTP.

Menurut keterangan Kalapas Wanita Sukun Anis Joeliati BC IP SH MH, hanya ada 41 warga binaan dan tahanan yang bisa mengikuti pencoblosan pada 27 Juni 2018 di TPS Lapas Wanita Sukun. ” Di sini ada warga luar Jatim, luar Kota Malang dan warga Kota Malang. di Lapas Wanita hanya 41 orang yang punya hak coblos,” ujar Anis.

Bagi napi dan tahanan lainnya bisa ikut mencoblos jika bisa menunjukan E KTP dan terdaftar di daerahnya. “Ada yang sudah menghubungi keluarganya untuk meminta E KTP. Sebelumnya kami sudah memberikan sosialisasi dan pendataan kepada warga binaan dan tahanan. termasuk pengenalan calon dan kapan berlangsungnya Pilkada. Dari pendataan itu hanya 41 yangbsudah ada di DPT,” ujar Anis, usai mendampingi KPU Kota Malang melakukan sosialisasi di Lapas Wanita Sukun, Senin (25/6/2018) sekitar 16.30.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin ST M.AP, bahwa kedatantannya ke LP Wanita Sukun untuk sosialisasi tata cara pencoblosan. ” Hari ini kita melakukan sosialisasi 3 tempat. LP Lowokwaru, sosialisasi ke Defable dan terakhir sosialisasi ke LP Wanita Sukun. Harapan kami dengan sosialisasi ini pada 27 Juni 2018, mereka bisa menggunakan hak pilihnya hingga targat 70 persen kami tercapai,” ujar Zaenudin.

Saat ditanya terkait hanya 41 penghuni Lapas Wanita Sukun yang terdaftar, pihaknya mengatakan kalau warga binaan masih ada kesempatan untuk menghubungi keluarga untuk meminta E KTP. ” Masih ada kesempatan untuk menghubungi keluarga. Namun apakah mereka punya E KTP atau tidak, apakah mereka tercatat sebagai daftar pemilih atau tidak. Kalau di Lapas wanita Sujun hanya 1 TPS sedangkan di LP Lowokwaru 4 TPS,” ujar Zaenudin. Informasinya ada 2100 penghuni LP Lowokwaru ber KTP Jatim, namun yang saat ini terdata mencoblos di 4 TPS hanya 449 orang saja. (gie/yan)

Terpopuler