Connect with us

Kabupaten Malang

Puluhan Caleg Kabupaten Malang Wajib Legalisir di Pengadilan

Diterbitkan

||

Puluhan Caleg Kabupaten Malang Wajib Legalisir di Pengadilan

Memontum Malang – Pendaftaran Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Malang, mulai dibuka. Sejumlah persyaratan pun mulai diburu sejumlah Caleg sebagai berkas kelengkapan pendaftaran. Salah satunya, Caleg yang mendaftar Anggota DPRD, diwajibkan memiliki surat legalisir tidak pernah tersangkut kasus hukum.

Surat legalisir bebas kasus hukum itu, harus didapat seorang Caleg dengan mengurus legalisir ke Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Malang.

Pantauan MemoX, Kamis (5/7/2018) kemaren, sejumlah Caleg baru maupun Anggota DPRD Kabupaten Malang yang masih aktif dan ingin maju pencalonan untuk kedua kalinya, harus antri di kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Malang.

Menurut Abu Hanif, salah seorang Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) wilayah Dapil 1 meliputi Kecamatan Pagelaran, Gondanglegi, Bululawang dan Kepanjen menjelaskan, kedatangannya untuk mengurus adminstrasi persyaratan di PN Kepanjen.

“Selain pengurusan SKCK di Polres Malang, persyaratan Caleg untuk tahun 2019-2024 juga harus ada legalisir dari Kantor Pengadilan Negeri. Surat legalisir dari PN ini untuk membuktikan jika Caleg bersangkutan tidak pernah tersangkut perkara hukum,” terangnya, Kamis (5/7/2018)kemaren di Kantor PN Kabupaten Malang.

Selain surat SKCK dari Kepolisian dan legalisir dari Pengadilan, Caleg harus mengikuti Medical Chek Up di RSUD Lawang. Setelah persyaratan itu dipenuhi, barulah berkas pendaftaran bisa dimasukkan ke KPUD.

“Setelah itu para Caleg harus kumpulkan berkas dimasing-masing DPC untuk proses penetapan,” tegas Abu Hanif. Terpisah, Anggota KPUD Kabupaten Malang, Abdul Holik menambahkan, legalisir dari Kantor Pengadilan Negeri dibutuhkan untuk mengetahui apakah Caleg yang mendaftar pernah tersangkut masalah hukum.

“Legalisir dari PN ini harus dipenuhi dan berkasnya sudah harus diterima KPUD maksimal satu jam sebelum pendaftaran,” beber Gus Holik sapaan akrabnya. (Sur/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler