STIE PERBANAS

Jokowi-Makruf Ungguli Prabowo-Sandi di Lumajang

  Dibaca : 17 kali
Jokowi-Makruf Ungguli Prabowo-Sandi di Lumajang

Memontum Lumajang – Rekapitulasi perolehan suara di tingkat KPU Kabupaten Lumajang pada Senin (29/4/2019) masih terus berlangsung dan masih belum diketahui secara pasti siapa yang akan menjadi pemenang baik pasangan capres-cawapres nomor urut 01 maupun nomor urut 02, bila sesuai jadwal diperkirakan perhitungan suara oleh KPU Lumajang besok sudah selesai dilakukan.

Mesti Perhitungan suara masih berlangsung Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN) Jokowi – Makruf Amin Kabupaten Lumajang, mengklaim Jokowi menang atas Prabowo.Tidak tanggung tanggung, menurut JKSN Lumajang, kemenangan Jokowi – Makruf Amin mencapai 70 persen. Seluruh dapil dari 5 dapil yang ada di Lumajang, menang telak. Prabowo – Sandi hanya unggul di dapil 5 yang meliputi Klakah, Ranuyoso, Randuagung, Kedungjajang.

Muhammad Syukrillah, SH, MH, Ketua JKSN Kabupaten Lumajang, dalam konferensi pers, Minggu (28/4/2019) siang, memaparkan, data kemenangan Jokowi – KH Makruf Amin diinput dari saksi-saksi JKSN.

“Ini data valid dan bisa dipertanggung jawabkan. Tetapi, saya sampaikan kepada teman-teman, bahwa kami tidak mendahului ketetapan KPU. Secara persis dan praktis tetap menunggu bagaimana pleno KPU”, Katanya.

Pihaknya, ungkap Syukrillah, berani menggumumkan hari ini karena data perolehan Jokowi valid karena berdasarkan DA1 asli di PPK se Kabupaten Lumajang.

“Kalau tidak valid, kita tidak berani mempublis”, ujarnya. Saat ditanya apakah kemenangan Jokowi – Makruf Amin atas rivalnya Prabowo – Sandi di Lumajang versi JKSN tidak akan mengalami perubahan saat penghitungan di KPU, dia kembali menegaskan, data JKSN berdasarkan hasil rekap DA1.

“Di Kabupaten Lumajang, berdasarkan DA1, Jokowi menang. Tapi kita tetap mengikuti dan menunggu ketetapan yang direkap oleh KPU Lumajang”, terangnya didampingi Sekretaris JKSN Lumajang, Sholehudin Nafis dan penasehatnya, Gus Samsul. Perlu diketahui, Kabupaten Lumajang terdiri dari 21 Kecamatan (5 dapil). Dari 21 kecamatan ini Jokowi “sapu bersih” 17 kecamatan ( 4 dapil). Sedangkan di empat Kecamatan yakni Kedungjajang, Ranuyoso, Klakah, Randuagung (1 dapil) Prabowo menang.

“Semua dapil 1, 2, 3, dan 4 Jokowi menang. Dapil 5 Prabowo yang menang”, imbuh Nafis, panggilan karib Sholehudin Nafis. Untuk mengantisipasi adanya perubahan jumlah perolehan suara Jokowi, pihaknya kata Nafis, sudah menyiapkan saksi-saksi dari JKSN Lumajang yang ditunjuk oleh JKSN Daerah Jawa Timur.

“Sebagai antisipasi kami punya DA1 asli. Bila ada data tak sama di penghitungan KPU bisa diadu. Kita kroscek bersama-sama. Kalau ada perubahan yang sangat signifikan, maka kami saksi-saksi JKSN siap untuk menyampaikan data akurat”, tegasnya.

Syukrilah berharap pihak KPU bisa melaksanakan penghitungan ini dengan baik dan benar. Jangan sampai waktunya molor seperti di beberapa PPK.

“Yang kedua KPU menghitung berdasarkan DA1 yang dari kecamatan-kecamatan dan dilakukan secara terbuka. Kalau ada kesalahan itu manusiawi dan wajar. Tetapi, secara bersama-sama kita cari salahnya dimana dan kita benarkan secara bersama-sama pula”, imbuhnya. (adi/yan)

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!