Connect with us

Kota Batu

PDI Perjuangan Kota Batu Gelar Rapat Tentukan Ketua DPRD Sementara

Diterbitkan

||

PDI Perjuangan Kota Batu Gelar Rapat Tentukan Ketua DPRD Sementara

Memontum Kota Batu – Asmadi berpeluang menjadi Ketua DPRD Kota Batu untuk sementara, hal itu seperti di sampaikan oleh ketua DPC PDI-P H. Punjul Santoso di sela kesibukannya sebagai wakil walikota Batu, kemarin siang di ruang kerjanya, senin 26/8.

Seperti telah di sampaikan oleh KPU Kota Batu beberapa waktu lalu bahwa pelantikan atau pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kota Batu periode 2019-2024 yang rencananya akan dilaksanakan pada jum’at 30/8.

Ia menjelaskan bahwa aturan dari partai PDI Perjuangan, ketua dewan dipilih berdasarkan aturan partai nomor 7 tahun 2019. Ketua nanti dipilih dari jabatan tertinggi di partai yaitu ketua, sekretaris, bendahara (KSB).

Karena ketua partai dari PDI Perjuangan sekarang menjabat sebagai wakil walikota dan sekretaris tidak menjadi anggota dewan, maka Asmadi lah yang sangat kuat menjadi kandidatnya.

” Pak Asmadi menjabat sebagai bendahara partai. Otomatis ketua sementara bakal dijabat olehnya sesuai aturan secara tidak langsung,” terang Punjul.

Sebelumnya DPC PDI-P telah mengirim 3 nama yaitu Asmadi, Sampurno, dan Cahyo Edi Purnomo. Dari tiga nama yang diusulkan DPC hanya memanggil Asmadi untuk fit and proper test. Artinya Asmadi bakal menjabat Ketua sementara DPRD Kota Batu,” imbuhnya.

Untuk posisi wakil ketua sementara kemungkinan besar dijabat oleh Nurochman selaku Ketua Partai PKB peraih kursi terbanyak urutan kedua.

“Meski PDIP menang pemilu, kami juga akan berkomunikasi dan berkoalisi dengan parpol lainnya. Ini untuk membangun Kota Batu bersama-sama. Jangan sampai perbedaan menjadi ganjalan karena ini merupakan pengabdian,” jelas Punjul kembali.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Batu Balok Yudoyono menjelaskan setelah pembentukan ketua sementara akan digelar rapat untuk membentuk alat kelengkapan dewan beserta perangkatnya.

” Nanti masih ada proses selanjutnya pembentukan. Mulai dari pemilihan tiga ketua komisi, banleg, banmus, badan kehormatan, dan banggar, ” paparnya.

Perlu diketahui, perhitungan suara Pileg Kota Batu, diketahui PDIP meraih enam kursi dengan total suara 32.054 suara, kemudian disusul PKB lima kursi dengan perolehan suara 18.054 suara, dan disusul Gerindra empat kursi dengan jumlah 16.595 suara. (bir/yan)

 

Terpopuler