Connect with us

Kabupaten Malang

Pengisi Jabatan Wakil Bupati Malang dari Partai NasDem?

Diterbitkan

||

Kresna Dewanata Phrosakh Anggota anggota DPR RI. (dok)

Memontum Malang – Kekosongan kursi jabatan Wakil Bupati Malang bakal diisi oleh sosok figur yang layak untuk mendampingi Bupati Malang definitif HM Sanusi dalam memimpin roda pemerintahan Kabupaten Malang.

Namun, sosok figur calon kandidat yang memiliki potensi menduduki jabatan Wakil Bupati Malang tersebut akan diusulkan oleh 4 partai pengusung dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Rendra Kresna dan HM Sanusi, periode 2016 -2021, yakni Partai NasDem, Golkar, Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Keempat partai tersebut saat ini memperoleh kursi dalam DPRD Kabupaten Malang, yakni untuk Golkar memperoleh 8 kursi, PKB 12 kursi, Nasdem 7 kursi, dan Demokrat 1 kursi.

Akan tetapi, jika dilihat dari perolehan kursi dalam Pilihan Legislatif 2019 lalu, partai PKB memiliki khans untuk mengajukannya, tetapi HM Sanusi yang saat ini menjabat sebagai Bupati Malang definitif merupakan politisi dari PKB. Selain PKB, partai Golkar dan NasDem juga memiliki khans dalam mengajukan kadernya untuk mengisi jabatan Wakil Bupati Malang.

Kresna Dewanata Phrosakh Anggota anggota DPR Ri periode 2019-2021 dari Partai Nasdem, saat dihubungi menyampaikan, untuk posisi Wakil Bupati Malang merupakan jatah partai Partai Nasional Demokrat (NasDem).

“Karena, jika ditilik dari surat rekomendasi serta tanggal yang dikeluarkan dalam Pilbup saat itu, maka, yang berhak secara politis untuk mengisi Wakil Bupati Malang dari NasDem,” ungkap pria yang akrab disapa Dewa ini.

Menurut Dewa, dalam pendaftaran tersebut, pasangan Rendra Kresna-Sanusi saat itu diusung oleh Partai Golkar, PKB, partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Sedangkan partai pendukung yakni, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

“Waktu itu H Rendra Kresna berangkat dari Golkar, dan dipertengahan beliau berpindah ke NasDem. Sedangkan untuk PKB sudah ada Pak Sanusi. Jika dilihat dari jumlah kursi di DPRD Kabupaten Malang, NasDem yang berhak mengisi jabatan Wakil Bupati Malang,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang, M Zuhdy Achmadi saat dihubungi beberapa waktu lalu menyampaikan, jika partai NasDem mengorbitkan dua nama yaitu Khoirul Anam, dan Moch Geng Wahyudi, pihaknya lebih memilih nama Moch Geng Wahyudi yang dinilai pantas untuk mengisi posisi sebagai Wakil Bupati Malang.

“Saat ini Kabupaten Malang memerlukan pemimpin birokrasi yang tegas dan loyal kepada partai. Maka, Moch Geng Wahyudi lah yang pantas mengisi jabatan Wakil Bupati Malang,” tandasnya. (Sur)

 

Terpopuler